Blog Seputar Informasi Kesehatan Terbaru, Gaya Hidup Sehat, Diet Sehat, Makanan Sehat

Saturday, May 2, 2015

15 Pertanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Pencegahannya

15 Pertanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Pencegahannya-Tidak dapat dipungkiri, vitamin memang menjadi zat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Banyak sekali jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita, seperti vitamin A, B, C, D dan lain –lain. Tubuh yang kekurangan vitamin akan rentan terkena penyakit, tak terkecuali mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, kekurangan beberapa vitamin tertentu juga bakal membuat tubuh mengalami beragam gangguan kesehatan. Untuk mencegah hal tersebut, berikut 14 tanda tubuh yang kekurangan vitamin.

1. Muncul Sariawan
Gejala seperti menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering dan bersisik, mulut kering, bibir pecah, serta sariawan merupakan gejala anda kekurangan vitamin B2. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B2 yang terdapat pada sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur serta susu.

2. Gangguan Pada Syaraf
Gejala seperti gangguan pada syaraf dan otot, penyebab kemandulan pada pria dan wanita merupakan gejala anda kekurangan vitamin E. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E yang terdapat pada ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan.

3. Sering Anemia
Gejala kurang darah atau anemia, mudah sekali capek, letih, lesu, lemas, penyakit kulit merupakan gejala anda kekurangan vitamin B12. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 yang terdapat pada telur, hati, serta daging.

4. Gangguan Kesehatan
Penyakit seperti rabun senja, katarak, infeksi saluran pernafasan, menurunnya daya tahan tubuh serta kulit yang tidak sehat merupakan gejala anda kekurangan vitamin A. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan lyang banyak mengandung vitamin A seperti susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel pisang, papaya dan lain sebagainya).

5. Mudah Nyeri Pada Tubuh
Gejala seperti mudahnya infeksi pada luka, gusi yang berdarah, rasa nyeri pada persendian merupakan gejala anda kekurangan vitamin C. anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jambu batu, buah jeruk, buah tomat, nanas, sayur-sayuran segar dan lain sebaginya.  

6. Kejang Otot
Gejala gigi yang mudah rusak, otot yang mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang yang tidak normal merupakan gejala anda kekurangan vitamin D. anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D yang terdapat pada minyak ikan, susu, telur, keju.

7. Mudah Kram Otot
Gejala otot yang mudah kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik merupakan gejala anda kekurangan vitamin B5. Anda dapa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B5 yang terdapat pada daging, susu, sayur-sayuran, hati, kacang hijau.

Dr. Mim Beim, Ahli Neuropathy Australia juga memaparkan tanda tubuh yang kekurangan vitamin memiliki ciri sebagai berikut:

8. Cincin kolesterol
Tanda pertama berbentuk lingkaran putih yang ada di sekeliling iris mata. Menurut Dr. Mim Beim, tanda ini menunjukkan bahwa ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Untuk mengatasinya lakukan olahraga yang rutin dan makan secara teratur. Tambahkan beberapa bawang putih dan ikan dalam menu harian agar berat badan tetap sehat. Jangan lupa untuk cek gula darah ke dokter.

9. Orange tones
Tanda ini berupa warna oranye yang ditemukan pada pupil mata. Dr. Mim Beim menyebutkan bahwa orange tones menjadi tanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh sedang tidak stabil. Segera kurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Sebagai gantinya, perbanyak makanan sumber protein dan vitamin B, kromium dan seng. Lebih lengkapnya dapat segera konsultasikan dengan dokter.

10. Kuku pucat
Cobalah tekan kuku Anda dan lepaskan. Jika saat ditekan kuku berubah menjadi pucat dan saat dilepaskan kuku kembali berwarna merah, maka tubuh Anda normal. Namun, jika warna pucat tersebut terus terjadi, bisa dikatakan Anda kekurangan zat besi. Segeralah makan daging merah, sayuran berdaun hijau, plum dan aprikot kering. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Mim Beim.

11. Kuku terlepas
Kuku yang sering terlepas juga bukan tanpa alasan. Menurut Dr. Mim Beim, kuku terlepas dapat dijadikan indikator bahwa tubuh kekurangan asam klorida. Zat kimia ini biasanya terdapat dalam lambung dan sangat berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Gunakan makanan yang berasa pahit seperti buah pare dalam menu makan.

12. Bintik putih
Ada lagi tanda yang terjadi pada kuku. Bila Anda mengamati ada bintik putih pada kuku, tandanya Anda kekurangan seng atau zinc. Dr. Mim Beim menyarankan untuk memperbanyak makanan laut seperti tiram, serta biji-bijian dan daging.

13. Tepi lidah bergerigi
Sesekali julurkan lidah dan amati bagian tepinya bergerigi apa tidak. Jika benar, itu tandanya Anda kurang istirahat dan tubuhmu terlalu lelah. Cobalah untuk liburan agar stres yang ada dapat hilang. Tambahkan asupan vitamin A dan vitamin B kompleks dalam setiap menu sehatmu. Hal ini sesuai dengan pernyataan Dr. Mim Beim dalam lansirannya di Body Soul.

14. Lidah putih
Kalau tanda yang ini mungkin sering Anda jumpai. Adanya lapisan putih pada permukaan lidah menjadi tanda terjadinya seriawan. Cara mengatasinya dengan mengurangi asupan gula dan minuman manis lainnya. Itulah tanda terakhir tubuh kekurangan vitamin yang disampaikan oleh Dr. Mim Beim.

15. Kepala berkeringat

Tanda-tanda kekurangan vitamin yang lain dapat diketahui dari munculnya keringat di kepala. Dr. Michael Holick, salah satu peneliti vitamin D di Mercola Foundation, mengatakan hal ini disebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin D. Walau ini masih menjadi gejala awal, namun ada baiknya untuk segera periksa ke dokter agar segera disembuhkan.

15 Pertanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zain Arif
Posted by Sehatgaksih
Sehatgaksih Updated at: 12:05 PM