Blog Seputar Informasi Kesehatan Terbaru, Gaya Hidup Sehat, Diet Sehat, Makanan Sehat

Monday, June 8, 2015

12 Cara agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Shift Malam

12 Cara agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Shift Malam - Apakah Anda bekerja di malam hari ketika semua orang sedang tidur? Istilah yang sering terdengar adalah kerja shift malam, apa tips Anda agar tetap fit saat kerja malam? Pasti Anda memiliki strategi sendiri agar saat kerja malam bisa tetap segar dan tidak mengantuk, kendala yang sering terjadi saat shift malam kebanyakan adalah mengantuk, lalu bagaimana cara mengatasi mengantuk saat kerja di malam hari? Selain Anda bekerja, jangan lupakan kesehatan Anda, karena kesehatan Anda lebih mahal harganya. Untuk persiapan sebelum Anda shift malam agar tetap segar dan tidak mengantuk salah satunya adalah banyak minum air putih. Untuk lebih jelasnya di lansir dari boldsky, ada 12 cara atau tips agar Anda tetap fit saat kerja shift malam.

Cukup tidur
Mendapatkan cukup tidur pada siang hari, ini akan membantu untuk membuat Anda tetap aktif sepanjang malam. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan tidur siang hari untuk memberikan istirahat untuk tubuh dan mata. Hal ini juga akan menjauhkan setiap infeksi mata yang mungkin terjadi karena ketegangan saat malam hari bekerja.

Makan
Jangan lupa untuk makan secara teratur dan yang pasti makan yang bergizi seperti sayur dan buah. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga dan mengisi perut Anda agar tidak pedih saat kerja di malam hari. Perut kosong saat malam hari juga bisa mengakibatkan masuk angin, jadi selalu isi perut Anda dengan makanan yang bergizi.

Minum Banyak Air
Cukupi kebutuhan air dalam tubuh Anda, ini adalah cara lain untuk menjaga tubuh Anda aktif dan sehat. Ketika kebutuhan cairan tubuh Anda cukup, tubuh akan menjalankan fungsinya dengan baik, dan akan mencegah Anda dari rasa mengantuk saat bekerja malam.

Hindari fikiran kacau
Menjaga pikiran Anda tenang dan jauh dari ketegangan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tubuh Anda siap untuk shift malam. Karena jika Anda banyak fikiran dan kacau, itu akan membuat Anda mudah lelah dan malas, yang pasti shift malam Anda akan kurang maksimal.

Konsumsi buah
Buah-buahan seperti jeruk harus dikonsumsi setidaknya 3 jam sebelum Anda mulai shift malam Anda. Ini akan menjaga tubuh Anda tetap segar dan terhidrasi.

Konsumsi kacang-kacangan
Kacang sehat bagi Anda untuk di konsumsi selama bagian awal dari malam jika Anda bekerja shift malam. Ini akan memberikan Anda energi yang cukup sepanjang malam.

Nutrisi alami
Solusi alami seperti kopi atau air akan membuat Anda terjaga. Ini adalah salah satu tips agar Anda tetap segar saat shift malam

Mandi
Anda perlu mandi setidaknya 2-3 kali sehari, terutama selama musim panas. Jika Anda bekerja di shift malam, Anda harus mandi sebelum Anda berangkat bekerja. Hal ini akan membuat tubuh Anda segar dan semangat untuk memulai aktifitas.

Olahraga
Ketika Anda berolahraga Anda memberikan stamina tubuh Anda untuk membantu Anda sepanjang malam. Ini adalah salah satu cara agar Anda tetap fit saat kerja malam.

Musik
Ya, musik membantu Anda untuk merasa lebih baik dan santai. Sebelum Anda memulai shift malam, Anda bisa mendengarkan musik yang membuat Anda bisa lebih semangat.

Ubah Diet Anda
Anda perlu mengubah diet Anda jika Anda ingin mendapatkan tubuh Anda tetap segar untuk shift malam. Kurangi makanan yang terlalu berat, karena akan membuat mengantuk. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan mengenyangkan namun ringan dan tidak berat.

Duduk di tempat terang

Salah satu cara agar tidak mengantuk saat shift malam adalah duduk di ruang yang terang. Ini akan membuat Anda tetap terjaga karena indera Anda menerima cahaya terang.

12 Cara agar Tubuh Tetap Fit Saat Kerja Shift Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zain Arif
Posted by Sehatgaksih
Sehatgaksih Updated at: 12:09 PM